Jumat, 04 April 2014

Laporan Buku "Metode Penelitian Pendidikan"



BAB I
PENDAHULUAN


1.1       Gambaran Buku Yang Dilaporkan
Buku yang hendak saya laporkan berjudul Metode Penelitian Pendidikan yang di tulis oleh NANA SYAODIH SUKMADINATA, penulis buku ini adalah dosen tetap pada Universitas Pendidikan Indonesia. penulis menyelesaikan program sarjana muda tahun 1963 pada jurusan Pedagogik, sarjana pada tahun 1966 Jurusan Bimbingan dan penyuluhan, Program Doktor pada tahun 1983 Jurusan Pengembangan Kurikulum FPS, IKIP Bandung, dengan tambahan kredit dari Universitas California di Santa Barbara 1977/1978. penulis juga mengikuti program Refresher tahun 1986/1987 pada Universitas Ohio, Columbus.
Di sela-sela aktivitas sebagai pengajar di berbagai perguruan tinggi, penulis juga tercatat sebagai peneliti senior. telah banyak karya penelitian yang dihasilkan, terutama dalam pengembangan pendidikan. beberapa buku yang pernah diterbitkan : Pengantar Psikologi (1967), Teori dan Teknik Bimbingan Kelompok (1975), Pengendalian Mutu Pendidikan Sekolah Dasar (2003), Landasan Proses Pendidikan (2003), Kurikulum dan Pembelajaran Kompetensi (2004) dan Lain-lain.

1.2    Alasan Pemilihan Buku
Saya memilih buku ini karna dalam buku ini terdapat bahasan yang hendak saya laporkan yaitu Penyusunan Proposal Skripsi dalam buku ini terdapat pada BAB 13, saya mengambil buku ini karna terlihat menarik dan menurut saya juga baik. dan semoga buku yang saya laporkan ini dpat memenuhi kriteria tugas yang dosen berikan.






BAB II
PEMBAHASAN


2.1   Pembahasan Bab Buku Secara Umum
Dalam bidang pendidikan memberikan kesempatan dan wewenang untuk melakukan berbagai inovasi dalam pengembangan maupun implementasi kurikulum, pembelajaran, bimbingan siswa, dan manajemen pendidikan. Inovasi yang tepat, dfektif, dan efisien membutuhkan kajian teoretis dan praktis melalui penelitian. Penelitian memberikan deskripsi, eksplanasi, prediksi, inovasi, dan dasar teoretis bagi pengembangan pendidikan.
Buku berjudul Metode Penelitian Pendidikan yang ditulis Prof Dr Nana Syaodih Sukmadinata memberikan dasar-dasar teori maupun praktik untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan merancang, melaksanakan, selain melaporkan hasil penelitian di bidang pendidikan, kurikulum, serta pembelajaran.
Buku setebal 326 halaman itu terdiri atas 13 bab dengan menguraikan masalah penelitian dan terapannya yang dibahas secara tajam maupun terinci. Bab 1, misalnya, membahas dasar maupun makna penelitian, karakteristik, dan langkah umum penelitian melalui beragam pendekatan. Dalam Bab 2, diulas ruang lingkup penelitian pendidikan, mulai dari uraian soal pendidikan sebagai ilmu, interaksi pendidikan, landasan psikologis pendidikan, kurikulum, sampai latihan maupun bimbingan.
Dengan bahasa yang mudah dicerna, buku ini mengangkat pula berbagai metode penelitian dalam lingkup pendidikan. Seperti pada Bab 3 dan 4, isinya tentang konsep penelitian dilihat dari ragam, metode, fungsi, serta karakteristik survei. Lalu, pembahasannya diarahkan ke item penelitian yang masing-masing dikupas lebih mendalam. Contohnya, penelitian kualitatif, evaluatif, tindakan, penelitian dan pengembangan, dan penelitian eksperimental. Semua dibicarakan di Bab 5 sampai Bab 9.


Sedangkan Bab 10, berbeda. Di sana, terfokus pada teknik pengumpulan data dan pengukurannya. Artinya, bagaimana teknik menghimpun untuk mengukur maupun mengumpulkan data, termasuk bentuk pengumpulan data yang dapat dibentuk dengan melakukan teknik ana1isis. Setelah mengumpulkan data dan teknik data, perlu ditentukan populasi maupun sampel agar dihasilkan pendekatan kebenarannya. Hal tersebut diulas di Bab 11, yang memaparkan segala teknik dan cara menentukan sampel agar lebih tepat. Kemudian di Bab 12, dikupas perumusan masalah, metodologi, dan desain penelitian. Titik beratnya pada cara mengidentifikasi maupun memilih masalah, termasuk merumuskan metodologi penelitian. Pada bab terakhir, diangkat penyusunan proposal penelitian. Ada cara menyusun proposal yang baik dengan melihat tahap penyusunannya. Di singgung pula komponen-komponen utama dalam proposal yang berisi problem, kajian literatur, metodologi, dan penyusunan desain.

2.2       Pembahasan Materi Bab 13 tentang Penyusunan Proposal Penelitian
Bab ini membahas tahap-tahap penyusunan proposal : identifikasi dan pemilihan bidang, studi literatur, pemilihan masalah yang esensial krusial dan bermakna, perumusan dan pembatasan variabel, perumusan tujuan, perumusan asumsi, hipotesis atau pertanyaan penelitian, pemilihan dan penentuan lokasi dan subjek penelitian, pemilihan  teknik dan instrument pengumpulan data, pemilihan teknik analisis data dan interprestasi temuan, penyusunan desain penelitian. pada bagian selanjutnya dibahas komponen-komponen utama dalam proposal berisi permasalahan, kajian literatur, metodologi dan penyusunan desain, dan rincian lebih detil setiap komponen antar lembaga pendidikan tinggi dan lembaga Pembina penelitian.





1.      Langkah-langkah Penyusunan Proposal
langkah-langkah teknis yang harus ditempuh dalam penyusunan proposal penelitian, khususnya proposal skripsi, tesis, dan disertasi.
a.       adakan identifikasi masalah, melalui proses pemetaan bidang dan sub bidang ilmu dan profesi yang menjadi bidang keahlian kita sebagai peneliti.
b.      minimal pada satu bidang atau sub bidang ilmu dan profesi kita, identifikasi masalah-masalah yang dihadapi saat ini.
c.       pilih satu masalah sebagai fokus penelitian kita. fokus masalah yang dipilih hendaknya yang cukup penting dan mendasar (esensial), hangat dan mendesak (urgen), dan hasilnya bermakna bagi pemecahan masalah atau perbaikan praktik pendidikan.
d.      rumuskan variabel-variabel atau aspek-aspek yang melatar belakangi atau menjadi penyebab fokus masalah tersebut, dan variabel atau aspek-aspek yang diakibatkannya.
e.       dari variable atau aspek-aspek yang melatar belakangi dan diakibatkan fokus masalah tersebut pilih atau batasi mana yang akan anda teliti
f.       hubungan antara variabel-variabel tersebut juga dapat disusun dalam sebuah peta, peta variabel yang diteliti.
g.      setiap variable atau aspek yang terkandung dalam judul penelitian, diberi rumusan secara secara operasional (definisi operasional) yaitu rumusan yang menggambarkan keadaan atau perilaku yang dapat diukur
h.      setelah jelas makna dari setiap variabel atau masalah dalam judul, rumuskan tujuan penelitian. biasanya dibedakan antara tujuan umum dengan tujuan khusus penelitian.
i.        rumuskan asumsi-asumsi atau proposisi-proposisi yang dijadikan pegangan dalam mengkaji masalah tersebut.



j.        bila penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dan akan dilakukan analisis data secara statistik inferensial, maka perlu dirumuskan hipotesis penelitian. untuk penelitian kualitatif dan penelitian kuantitatif yang tidak menggunakan analisis statistik inferensial, tidak perlu dirumuskan hipotesis, cukup dalam bentuk pertanyaan-pertanyaan pokok penelitian.  
k.      tentukan dan rumuskan metode penelitian yang digunakan disertai penjelasan penggunaan serta alasan pemilihannya.
l.        rumuskan rencana pengolahan atau analisis data serta cara menginterpretasikan hasil analisis data
m.    rumuskanlah desain penelitian, yang menunjukkan langkah pengumpulan data secara rinci.
n.      bila lembaga menuntut adanya komponen atau langkah lain di luar yang telah disebutkan di atas silakan cantumkan.

2.      Garis Besar Isi Proposal
secara umum isi proposal tersebut adalah sebagai berikut :
a.       Latar belakang masalah
b.      Merumuskan dan membatasi masalah
c.       Merumuskan definisi operasional atau menjelaskan
d.      Merumuskan tujuan penelitian
e.       Merumuskan asumsi atau proposisi
f.       Merumuskan hipotesis atau pertanyaan penelitian
g.      Menjelaskan manfaat penelitian.
h.      Menjelaskan sistematika isi laporan (tidak wajib)
i.        Menjelaskan metode atau pendekatan penelitian yang digunakan disertai alas an mengapa menggunakan metode tersebut
j.        Menjelaskan teknik dan instrument pengumpulan data yang digunakan disertai alas an pemilihannya.
k.      Menjelaskan populasi dan sampel yang digunakan disertai alas an dan pertimbangan pemilihannya.
l.        Menjelaskan desain penelitian, khusus untuk penelitian eksperimental dijelaskan model disain eksperimen yang digunakan.
m.    Menjelaskan teknik analisis data.
n.      Interprestasi : menarik makna dari hasil-hasil pengolahan statistik, secara bagian (hasil satu perhitungan) dan hubungan/keterkaitan antar bagian (beberapa  hasil perhitungan).

3.      Bentuk-bentuk Proposal
Walaupun secara umum isi proposal itu sama, yaitu menjelaskan permasalahan, metodologi dan hasil yang diharapkan, tetapi rincian dan sistematika yang dikembangkan pada berbagai institusi, dan oleh para ahli termasuk para pembimbing penulisan skripsi, tesis dan disertasi berbeda-beda. Walaupun penulis telah mengemukakan  komponen-komponen dan sistematika penyusunan proposal seperti telah dijelaskan di muka, tetapi penggunaannya diserahkan kepada masing-masing peneliti.
Berikut ini dikemukakan beberapa contoh bentuk sistematika dan isi proposal penelitian, baik untuk penelitian biasa, maupun penelitian untuk penulisan tesis dan disertasi.
a.    Proposal Penelitian untuk Penulisan Skripsi, Tesis dan Disertasi
Proposal penulisan tesis dan disertasi dalam Pedoman Penulisan Karya Ilmiah Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) tahun 2000.
Sistematika isi proposal
1.      Judul skripsi/tesis/disertasi
2.      Latar belakang masalah
3.      Rumusan masalah
4.      Tujuan penelitian/studi
5.      Asumsi
6.      Hipotesis
7.      Metode penelitian
8.      Lokasi dan sampel penelitian



b.      Proposal Penelitian Riset Unggulan Terpadu (RUT)
Dikeluarkan oleh Kantor Menteri Negara Riset dan Teknologi, bekerjasama dengan Dewan Riset Nasional (2001).
sistematika isi proposal
1.      Judul riset dan nama peneliti
2.      Abstrak
3.      Pendahuluan
4.      Perumusan masalah
5.      Hipotesis/kegunaan dan tujuan khusus
6.      Metodologi
7.      Rancangan (design) riset
8.      Personalia riset
9.      Rincian anggaran
10.  Jadwal kegiatan

c.       Proposal Penelitian Kuantitatif dikutip dari McMillan dan Schumacher (2001)
Pengantar (Pendahuluan)
1.      pernyataan masalah secara umum
2.      reviu kepustakaan
3.      hipotesis atau pertanyaan penelitian khusus
4.      manfaat penelitian








Desain dan Metodologi
1.      subjek
2.      penyusunan instrument
3.      prosedur
4.      analisis dan penyajian data
5.      keterbatasan desain
Rujukan
Dijelaskan sumber-sumber apa yang dijadikan rujukan. Sumber tersebut bisa berbentuk buku, jurnal, hasil penelitian serta sumber-sumber dalam situs internet.
Lampiran
Dijelaskan apa saja yang akan dimasukkan sebagai lampiran. Apa yang dilampirkan merupakan bahan pelengkap dari kegiatan atau temuan-temuan hasil penelitian.

d.      Proposal  Penelitian Kualitatif dikutip dari McMillan dan Schumacher (2001)
Pengantar (Pendahuluan)
1.      Pernyataan masalah secara umum
2.      Reviu kepustakaan
3.      Masalah bayangan
4.      Manfaat penelitian
Desain dan Metodologi
1.      Pemilihan lokasi
2.      Jaringan sosial yang dipilih
3.      Peranan peneliti
4.      Strategi penentuan sampel purposif
5.      Strategi pengumpulan data
6.      Analisis data yang bersifat induktif
7.      keterbatasan desain


Rujukan
Dijelaskan sumber-sumber apa yang dijadikan rujukan. Sumber tersebut bias berbentuk buku, jurnal, hasil penelitian serta sumber-sumber dalam situs internet. Rujukan digunakan dalam identifikasi, perumusan masalah, penentuan sampel, penyusunan desain, pemilihan strategi pengumpulan data, analisis data dan interprestasi temuan, bahkan sampai pembahasan dan penyimpulan.

Lampiran
Dijelaskan apa saja yang akan dimasukkan sebagai lampiran. Apa yang dilampirkan merupakan bahan pelengkap dari kegiatan atau temuan-temuan hasil penelitian.


















BAB III
PENUTUP


3.1     Kesimpulan
Penyusunan proposal mengikuti sejumlah tahap : mengidentifikasi dan memilih bidang masalah, mengidentifikasi masalah dalam salah satu bidang, mengadakan kajian literatur, memilih masalah yang paling esensial krusial dan bermakna, merumuskan dan membatasi  variabel, merumuskan tujuan penelitian, merumuskan asumsi, dan hipotesis atau pertanyaan penelitian, memilih dan menentukan lokasi dan subjek penelitian, memilih teknik dan interprestasi temuan, menyusun desain penelitian.
walaupun format proposal antar perguruan tinggi dan antar lembaga penelitian berbeda-beda, tetapi komponen umumnya hampir sama, meliputi : permasalahan, kajian literatur, metodologi dan penyusunan desain. rincian lebih detil dalam setiap komponen ada variasi. format proposal dari lembaga penyandang dan menuntut tambahan rincian komponen biaya, personalia dan peralatan.
3.2  Saran
Kegiatan  membuat laporan buku sangat bermanfaat bagi mahasiswa dan bisa menjadi pertimbangan dalam memilih materi sehingga  sebaiknya ada tindak lanjut atau keberlanjutan yang mempunyai nilai tambah bagi Kampus STKIP Nurul Huda Sukaraja umumnya dan prodi ekonomi akuntansi pada khususnya.







DAFTAR PUSTAKA



Fraenkel, J.Rdan Wallen, N.E. (1993). How to Design and Evaluate Research in Education. 
     New York: McGraw Hill, Inc.
Sukmadinata, Nana Syaodih. (2003). Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung:
     Remaja Rosdakarya.
Universitas Pendidikan Indonesia. (2000). Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. Bandung:
     DEPDIKNAS UPI.

PROSES ISLAMISASI DI JAWA SEJAK MASA PASCA KERUNTUHAN MAJAPAHIT

MAKALAH PROSES ISLAMISASI DI JAWA SEJAK MASA PASCA KERUNTUHAN MAJAPAHIT Mata Kuliah            : Konsep Teori dan Pemikiran...